Tamanrejo - Penyaluran Bantuan Pangan CBP 2023 Desa Tamanrejo

Penyaluran Bantuan Pangan CBP 2023 Desa Tamanrejo

Pemerintah Indonesia selain memberikan berbagai bantuan sosial juga memberikan bantuan pangan yang bersumber dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Pada tahun 2023 ini, penyaluran bantuan pangan CBP diberikan dalam 3 kali alokasi yakni bulan Maret, April, dan Mei. 

Bantuan pangan tersebut secara nasional menjangkau 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Di lingkup Kabupaten Kendal, bantuan pangan CBP menjangkau 86.478 KPM dimana dari jumlah tersebut sebanyak 2770 KPM berada di Kecamatan Limbangan.

Di Desa Tamanrejo, KPM yang terdaftar dalam Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial - Next Generation (SIKS-NG) berjumlah 178 KPM.

Senin sore kemarin (17/4/2023) bantuan pangan didrop ke masing-masing desa. Dropping bantuan pangan tersebut sudah dikemas @10kg untuk mempermudah penyaluran kepada KPM. Dengan demikian untuk 178 KPM di Desa Tamanrejo, akan disalurkan beras sejumlah 1,78 ton.

Pada saat bantuan datang ke Desa Tamanrejo, perangkat desa sigap membuat undangan untuk pada KPM dan dan langsung didistribusikan oleh Kadus 1 Dahwono melalui Ketua RT di wilayah RW 1 dan RW 2. Sedangkan Kadus 2 Suhartono mendistribusikan undangan melalui Ketua RT di wilayah RW 3 dan RW 4. Pendistribusian ini harus dilakukan dengan cepat dan malam itu juga harus dipastikan bahwa undangan sudah sampai ke para KPM, karena penyaluran bantuan pangan akan dilakukan pada esok harinya.

Pada Selasa pagi (18/4/2023) jam 08:30, para KPM sudah mulai berdatangan ke tempat penyaluran bantuan pangan yaitu di Balai Desa Tamanrejo. Untuk tertib administrasi yang berkaitan dengan pelaporan penyaluran bantuan ini, KPM diwajibkan membawa bukti surat undangan dan fotokopi KTP/KK.

Di Balai Desa Tamanrejo, untuk melayani masyarakat yang akan mengambil bantuan pangan CBP 2023, sudah siap perangkat desa yang terdiri dari:

1. Kepala Desa Mustofa,
2. Sekdes Mas'udin,
3. Bendahara Darsono,
4. Kasi Kesra Tony Sofyanto,
5. Kadus 1 Dahwono, dan
6. Kaur Perencanaan Fadholin.

Menjelang tengah hari, semua Bantuan Pangan CBP 2023 sudah selesai disalurkan kepada KPM yang berhak menerima. Diharapkan bantuan pangan ini akan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat menjelang lebaran ini sehingga tumbuh rasa aman karena bahan makanan pokok sudah tercukupi di rumah.

Pewarta:
Mustofa, Kepala Desa Tamanrejo


Berikut ini dokumentasi foto dan video penyaluran Bantuan Pangan CBP 2023 kepada 178 KPM di Desa Tamanrejo:


Dipost : 18 April 2023 | Dilihat : 1514

Share :