Tamanrejo - Takjil On The Road, Ikatan Remaja Masjid Baitut Taqwa (IRMABA)

Takjil On The Road, Ikatan Remaja Masjid Baitut Taqwa (IRMABA)

Bersedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam, namun, terdapat beberapa keutamaan khusus yang dapat diperoleh ketika melakukan sedekah di bulan Ramadan. Keutamaan tersebut antara lain:

Pahala berlipat ganda: Pahala sedekah di bulan Ramadan dilipatgandakan, karena bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa dan penuh berkah. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW: “Seorang manusia mendapat pahala sedekah yang ia berikan pada bulan Ramadan, seperti pahala memberikan sedekah sepanjang tahun.” (HR. Tirmidzi)

Mendapat ampunan: Bersedekah di bulan Ramadan juga dapat membuka pintu ampunan Allah SWT. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW: “Sedekah itu dapat memadamkan api kemarahan Tuhan, dan menghapus dosa seperti air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

Menghapus dosa-dosa: Selain mendapat pahala berlipat ganda, sedekah di bulan Ramadan juga dapat membantu menghapus dosa-dosa kita. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW: “Janganlah engkau takut kekurangan rezeki, karena sedekah itu dapat menghapus dosa-dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Ahmad)

Mendapat syafaat di akhirat: Sedekah di bulan Ramadan juga dapat menjadi sebab bagi kita untuk mendapatkan syafaat di akhirat. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis Rasulullah SAW: “Barangsiapa memberikan makanan berbuka puasa kepada seorang yang berpuasa, maka baginya akan ada pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikitpun.” (HR. Tirmidzi)

Membantu orang yang membutuhkan: Dengan bersedekah di bulan Ramadan, kita juga dapat membantu orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin dan anak yatim piatu. Dengan membantu orang lain, kita juga dapat memperoleh kebahagiaan dan kedamaian batin.

Keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan yang sangat luar biasa ini mendorong Ikatan Remaja Masjid Baitut Taqwa (IRMABA) untuk menyelenggarakan kegiatan yang bersifat sedekah kepada masyarakat umum. Kegiatan yang dimaksud di antaranya adalah pembagian takjil di depan Masjid Baitut Taqwa Desa Tamanrejo pada Senin, 27 Maret yang baru lalu.

Kegiatan berbagi takjil ini juga merupakan pengganti kegiatan sedekah Jum'at Berkah yang dilaksanakan setiap bakda Jum'at. Namun karena ini bulan puasa, kegiatan Jum'at Berkah diganti dengan Takjil On The Road. Direncanakan, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap Jum'at sore selama bulan Ramadhan.

Adapun yang disedekahkan berupa makanan dan minuman yang diusahakan oleh IRMABA, dan juga berasal dari sumbangan masyarakat umum. Jadi, kegiatan sedekah bulan Ramadhan dengan tajuk Takjil On The Road ini sejatinya, dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat.

Diharapkan, dengan bersedekah di bulan Ramadan yang merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan, akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, sekaligus berbagi kegembiraan dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Pewarta:
Mustofa, Kepala Desa Tamanrejo


Dipost : 28 Maret 2023 | Dilihat : 561

Share :