Tamanrejo - BUMDES Taman Mulyo Desa Tamanrejo Menjadi Percontohan Laku Pandai

BUMDES Taman Mulyo Desa Tamanrejo Menjadi Percontohan Laku Pandai

Sebagai upaya meningkatkan pendapatan pada sektor pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kendal melaunching program Laku Pandai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kegiatan yang berlangsung pada Selasa 16 Mei 2023 di Pendopo Tumenggung Bahurekso ini sekaligus memberikan apresiasi kepada desa-desa yang telah lunas PBB tahun 2022.

Kepala Bapenda Kendal Abdul Wahab menjelaskan bahwa program Laku Pandai merupakan sarana pembayaran pajak yang dapat diakses tanpa kantor, yang bisa digunakan oleh BUMDes dalam melayani pembayaran pajak oleh masyarakat. Saat ini di Kabupaten Kendal terdapat 143 BUMDes dan yang akan dijadikan pilot project setidaknya tujuh BUMDes yang dinilai mampu. Ke depan tentunya akan diterapkan di seluruh BUMDes dan ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapat pelayanan pembayaran pajak termasuk PBB.

Sementara itu, Bupati Kendal menyampaikan bahwa dengan adanya inovasi pelayanan yang telah diberikan, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan program Laku Pandai Bapenda untuk memudahkan pembayaran pajaknya terutama bagi masyarakat yang memiliki jangkauan jauh dari bank.

Selain itu, Bupati juga menyampaikan 6 pesan yakni;
Pertama, kepada seluruh jajaran pajak daerah untuk lebih bekerja keras dalam menggali potensi pajak di Kabupaten Kendal,
Kedua, OPD terkait, Camat, Kepala Desa, dan Lurah agar lebih intensif melakukan sosialisasi,
Ketiga, melakukan upaya kreatif dan inovasi dalam bertugas,
Keempat, melalui Laku Pandai diharapkan BUMDes dapat berpartisipasi memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak, juga melakukan sosialisasi sehingga masyarakat lebih mengenal inovasi berbasis teknologi informasi,
Kelima, hindari penyalahgunaan pengelolaan PBB-P2,
Dan yang keenam, kepada ASN, para Kepala Desa, dan Lurah agar menjadi panutan bagi masyarakat dalam ketaatan membayar pajak dangan pembayaran tepat waktu

Pada kesempatan tersebut, diberikan pula penghargaan kepada 5 kecamatan di Kabupaten Kendal dengan kategori:

1. Kecamatan Lunas PBB yaitu; Kecamatan Kangkung dan Kecamatan Plantungan.
2. Kecamatan Lunas PBB Tercepat yaitu; Kecamatan Ngampel Wetan
3. Kecamatan dengan Prosentase Pertumbuhan Desa Lunas Terbanyak yaitu Kecamatan Limbangan, dan
4. Kecamatan dengan Prosentase Pertumbuhan PBB Terbesar yaitu; Kecamatan Plantungan

Secara simbolis, Bapenda Kendal juga menyampaikan apresiasi kepada desa lunas PBB dan menyerahkan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) PBB-P2 kepada 124 desa di Kabupaten Kendal diwakili oleh 5 desa.

Di Kecamatan Limbangan, terdapat 9 desa yang telah lunas PBB yaitu; Desa Peron, Desa Gondang, Pakis, Sumberahayu, Tambahsari, Pagertoyo, Sriwulan, Tabet, dan Jawisari. Sedangkan BUMDes yang dijadikan pilot project Laku Pandai adalah BUMDes Taman Mulyo, Desa Tamanrejo.

Sumber: Website Kecamatan Limbangan


Dipost : 16 Mei 2023 | Dilihat : 372

Share :