Tamanrejo - Kegiatan Posyandu Melati RW 03 Bulan Mei 2023

Kegiatan Posyandu Melati RW 03 Bulan Mei 2023

Posyandu adalah pelayanan pelayanan terpadu yaitu pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh masyarakat. Ada beberapa layanan dalam posyandu antara lain posyandu balita, posyandu remaja, posyandu lansia, dan posbindu (pos binaan terpadu). Posbindu sendiri adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi.

Di Desa Tamanrejo ada 5 Posyandu. Pada Jum'at, 6 Mei kemarin adalah jadwal kegiatan untuk Posyandu Melati RW 03, Desa Tamanrejo. Di Posyandu Melati ini pelayanan kesehatan yang diberikan adalah pelayanan kesehatan balita, ibu hamil, dan posbindu yang meliputi pemeriksaan gula darah dan tensi gratis, penimbangan bayi, pengukuran lingkar kepala dan tinggi badan, serta pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita.

Hadir dalam kegiatan tersebut petugas kesehatan dari Puskesmas Limbangan, bidan desa, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tamanrejo, kader Tim Pendamping Keluarga (TPK), serta kader posyandu setempat.

Adapun pelaksanaan kegiatan Posyandu Melati RW 03 diselenggarakan di Rumah Kader Seniarsih. Sedangkan pelayanan kesehatan diberikan oleh petugas puskesmas Suci Tri Iriani, bidan desa Ria Kurniati Agustina, dan Petugas TPK Wahyu Ellyana. Selain itu ada pula Kader posyandu yang membantu memberikan pelayanan kesehatan yaitu Muthoharoh, Suprapti, dan Dian Vita.

Tercatat ada 15 balita yang menerima pelayanan kesehatan dan diberikan pula layanan pusbindu kepada 13 orang dengan rangkuman hasil sebagai berikut:

1. Rerata balita naik berat badannya
2. Ada 1 ibu hamil dengan indikasi KEK (kekurangan energi kronis)
3. Terdapat 2 ibu dengan tensi relatif tinggi di atas 150/80 mmHg
4. Terdapat 1 ibu dengan gula darah tinggi di atas 200, dan
5. Terdapat 2 ibu obesitas.

Karena pentingnya kesehatan sebagai bagian dari kualitas sumber daya manusia, diharapkan kesadaran masyarakat untuk memantau perkembangan kesehatan dan pertumbuhan anak lewat posyandu semakin meningkat sehingga bilamana ada masalah kesehatan bisa diketahui dan ditangangi lebih dini.

Pewarta:
Khoti'ah, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Tamanrejo

 


Dipost : 06 Mei 2023 | Dilihat : 682

Share :