Tamanrejo - Tanam Pohon Serentak pada Hari Desa ASRI Nusantara di Desa Tamanrejo

Tanam Pohon Serentak pada Hari Desa ASRI Nusantara di Desa Tamanrejo

Hari Desa ASRI Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa PDTT melalui Keputusan Menteri Desa PDTT Nomor 110 Tahun 2022 tentang Hari Desa, untuk mengingatkan kita tentang pentingya lingkungan desa yang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah).

Hari Desa ASRI Nusantara yang diperingati setiap tanggal 21 Maret ini memiliki tujuan, yakni:
1. Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap perubahan iklim
2. Mewujudkan desa Asri yang bersih, hijau, dan jauh dari pencemaran lingkungan
3. Mengurangi resiko bencana di desa

Desa Tamanrejo tak ketinggalan menyemarakkan Hari Desa ASRI Nusantara. Kepala Desa Tamanrejo Mustofa, pada peringatan ini bersama dengan perangkat desa, pendamping desa, dan masyarakat melakukan penanaman pohon. Lokasi yang dipilih untuk penanaman pohon adalah di Terminal Wisata Tamanrejo dan Agro Tamansari Desa Tananrejo. Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain kelapa, jeruk, aneka pohon buah-buahan dan aneka tanaman langka. Terhitung lebih dari seratus pohon berhasil ditanam pada Peringatan Hari Desa ASRI Nusantara di Desa Tamanrejo.

Tahun 2023 ini, Peringatan Hari Desa ASRI Nusantara dipusatkan di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau dengan tema DESA MENGHIJAUKAN DUNIA. Rangkaian kegiatan peringatan ini dimulai pada tanggal 20 Maret dengan kegiatan Diseminasi Desa Peduli Iklim dan dilanjutkan pada tanggal 21 Maret dengan kegiatan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di 74.961 Desa yang dipimpin oleh Wakil Presiden RI, Menteri Desa PDTT & Wamen Desa PDTT.

Diharapkan dengan desa yang peduli iklim, maka secara lokal akan meningkatkan partisipasi dan kepedulian masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat, rindang, dan indah, sedangkan secara global akan mendukung perubahan iklim yang lebih baik dan lestari.

Kontributor:
Mustofa, Kepala Desa Tamanrejo


Dipost : 22 Maret 2023 | Dilihat : 480

Share :