Tamanrejo - Haul KH. Ahmad Asrori Al Ishaqi RA. 1 Abad NU Dan Ruwahan Masal Masyarakat Tamanrejo

Haul KH. Ahmad Asrori Al Ishaqi RA. 1 Abad NU Dan Ruwahan Masal Masyarakat Tamanrejo

Haul adalah istilah dalam budaya Jawa yang merujuk pada perayaan atau ritual yang dilakukan untuk memperingati hari wafatnya seorang Kyai atau ulama. Haul biasanya diadakan setiap tahun pada hari yang sama dengan tanggal wafatnya Kyai tersebut, dan dihadiri oleh para santri, pengikut, dan masyarakat umum yang menghormati dan menghargai jasa-jasa Kyai tersebut dalam penyebaran agama dan pendidikan di masyarakat.

Haul Kyai biasanya dilaksanakan dengan cara mengadakan berbagai acara seperti pengajian, doa bersama, pembacaan kitab suci, serta pembagian makanan kepada para tamu dan fakir miskin. Kegiatan haul ini adalah bentuk penghormatan dan pengenangan kepada Kyai yang telah berjasa dalam memperkenalkan dan mempertahankan budaya dan agama di masyarakat.

Jelang bulan suci Ramadhan ini, Majlis Dzikir Manaqib dan Maulidurrosul SAW di Desa Tamanrejo menyelenggarakan Haul KH. Ahmad Asrori Al Ishaqi RA, sekaligus peringatan 1 Abad NU, dan Ruwahan Massal Masyarakat Tamanrejo.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, 19 Maret 2023 lalu di GSG Balai Desa Tamanrejo dimaksudkan untuk bersama-sama berdoa kepada Allah SWT agar masyarakat selalu mendapatkan perlindungan dan kemudahan atas ikhtiar yang dilakukan sehari-hari, juga untuk menghormati orang tua, para leluhur, dan guru-guru kita hingga Rasulullah SAW.

Haul yang diikuti oleh 1000 Jama'ah Al Khidmah Kec Singorojo, Boja, dan Limbangan ini dihadiri pula oleh Camat Limbangan, Alfebian Yulando, dan Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Pewarta:
Mustofa, Kepala Desa Tamanrejo


Dipost : 22 Maret 2023 | Dilihat : 1154

Share :

s