Tamanrejo - Survei Jalan Pertanian Tamanrejo - Blorong

Survei Jalan Pertanian Tamanrejo - Blorong

Jalan pertanian adalah jalan yang terhubung ke lahan pertanian dan digunakan untuk kegiatan pertanian seperti transportasi alat pertanian, pengiriman saprotan, prasarana untuk tenaga kerja, dan pengangkutan hasil panen.

Desa Tamanrejo memiliki wilayah persawahan yang cukup luas. Namun kondisi jalan pertanian yang tersedia masih belum memadai. Padahal, sangat banyak manfaat jalan pertanian yang baik antara lain:

Meningkatkan aksesibilitas: Jalan pertanian meningkatkan aksesibilitas ke lahan pertanian dan memudahkan transportasi bahan pertanian seperti pupuk, benih, dan alat pertanian. Hal ini membantu petani untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya produksi.

Meningkatkan pemasaran hasil pertanian: Dengan adanya jalan pertanian, petani dapat dengan mudah mengirimkan hasil panen mereka ke pasar atau tempat pengolahan. Ini membantu meningkatkan pemasaran produk pertanian dan mengurangi kerugian karena produk yang tidak terjual.

Mengurangi biaya transportasi: Dengan jalan pertanian yang baik, biaya transportasi bahan pertanian atau hasil panen dapat dikurangi karena kendaraan dapat melintasi jalan dengan mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Bermanfaat sebagai jalan alternatif: Jalan pertanian seringkali tersambung dengan jalan dusun lain sehingga bisa menjadi kalan alternatif yang memperlancar lalu lintas antardusun. Kelancaran lalu lintas antardusun akan meningkatkan pergerakan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan.

Mengurangi kerusakan lingkungan: Jalan pertanian yang baik juga dapat membantu mengurangi kerusakan lingkungan seperti erosi dan sedimentasi. Hal ini dapat membantu mempertahankan kesuburan tanah dan keberlanjutan lahan pertanian.

Secara keseluruhan jalan pertanian memainkan peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, kesejahteraan masyarakat pedesaan, dan keberlanjutan lingkungan. Oleh karena itu, Desa Tamanrejo merencanakan peningkatan jalan pertanian di ruas Tamanrejo ke arah Blorong (wilayah Desa Kaligading, Kecamatan Boja) yang terletak di wilayah bagian barat desa. Sebagai kegiatan awal, pada Minggu 19 Maret yang baru lalu, dilakukan survei jalan pertanian tersebut untuk mendapatkan data awal yang akan digunakan untuk perencanaan teknis peningkatan jalan pertanian ruas Tamanrejo-Blorong.

Peningkatan jalan pertanian ini sudah dirembug dalam musyawarah desa dan masuk prioritas Musrenbangcam untuk pelaksanaan tahun 2024. Adapun peningkatan jalan yang direncanakan berupa betonisasi agar lalu lintas kegiatan pertanian semakin lancar, efektif, dan efisien. Dengan ditingkatkannya efisiensi dan efektifitas produksi pertanian diharapkan petani Desa Tamanrejo bisa menghemat biaya produksi yang pada akhirnya akan menambah margin dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Pewarta:
Mustofa, Kepala Desa Tamanrejo


Dipost : 24 Maret 2023 | Dilihat : 506

Share :