Tamanrejo - Rencana Pengembangan Balkondes Terminal Wisata Tamanrejo

Rencana Pengembangan Balkondes Terminal Wisata Tamanrejo

Terinspirasi dari kunjungan ke Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Karanganyar Borobudur, Kabupaten Magelang dalam rangka Bimbingan Teknis Pelatihan dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) se-Kecamatan Limbangan pada Selasa 31 Mei 2022, Pemerintah Desa Tamanrejo menggagas sebuah wahana serupa.

Sebetulnya ide terdahulu adalah mengembangkan sebuah Terminal Wisata di bagian utara di perbatasan desa. Namun selama beberapa waktu belum ditemukan konsep yang cocok untuk dikembangkan di tanah desa tersebut. Setelah kunjungan ke Balkondes Karanganyar Borobudur, didapatlah gambaran konsep yang bisa dikembangkan di Desa Tamanrejo.

Wilayah Desa Tamanrejo dilalui jalan alternatif yang menghubungkan Cangkiran-Ngabean-Tamanrejo-Limbangan. Jalur ini dulunya sepi, namun sekarang menjadi ramai karena ruas jalan ini telah ditingkatkan sehingga lalu lintas semakin lancar. Pengguna jalan dari Semarang yang dulu biasanya melewati jalur Cangkiran-Tampingan-Boja-Limbangan, sekarang lebih lebih suka menggunakan jalur ini karena jarak tempuhnya lebih pendek. Hal ini sangat menguntungkan dan meningkatkan pergerakan perekonomian desa-desa di jalur Cangkiran-Limbangan ini. Keluarga muda dari Kota Semarang yang biasanya berwisata di akhir pekan pun banyak yang melewati jalur ini.

Potensi ini menambah keyakinan, kemantapan, dan semangat untuk mengembangkan Terminal Wisata dengan konsep Balkondes di Desa Tamanrejo. Direncanakan, di Balkondes Terminal Wisata Tamanrejo ini selain dikembangkan menjadi wisata tersendiri yang berisi aneka wahana wisata misal kolam renang anak, rumah makan, pusat jajan/kuliner, homestay bursa souvenir dan kerajinan, juga menjadi Pusat Informasi Wisata Kecamatan Limbangan.

Sebagaimana kita ketahui, Kecamatan Limbangan kaya akan potensi wisata. Bilamana ada Terminal Wisata pasti wisata-wisata di Kecamatan Limbangan akan semakin ramai dan dikenal khalayak. Di sisi lain, pengelola Balkondes Terminal Wisata Tamanrejo juga akan menikmati dampak positif dengan meningkatnya pergerakan ekonomi di Terminal Wisata. Tidak menutup kemungkinan, selain sebagai Pusat Informasi Wisata Kecamatan Limbangan, Terminal Wisata ini juga bisa melayani paket-paket wisata dengan beberapa destinasi, sekaligus menawarkan jasa pemanduan wisata berikut transportasi dan akomodasinya, misalnya dengan menggunakan jeep, kereta wisata, penjemputan wisatawan dari Terminal Bus Cangkiran, dan lain-lain. Dengan demikian, Terminal Wisata ini bisa menjangkau pasar wisata yang lebih luas karena bisa melayani wisatawan yang menggunakan kendaraan umum.

Pewarta:
Mustofa, Kepala Desa Tamanrejo



Dipost : 28 Maret 2023 | Dilihat : 385

Share :