Tamanrejo - JULEHA Kecamatan Limbangan Akan Adakan Pelatihan Manajemen Qurban

JULEHA Kecamatan Limbangan Akan Adakan Pelatihan Manajemen Qurban

JULEHA merupakan singkatan dari Juru Sembelih Halal yaitu sebuah profesi terkait proses penyembelihan hewan ternak sesuai syariat Islam. Proses tersebut berpengaruh atau berperan penting terhadap peningkatan dan kemajuan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya makanan berbahan baku daging.

Selain itu, proses penyembelihan halal juga mutlak diperlukan dalam pengelolaan Qurban. Banyak sekali ditemui kejadian pada saat pelaksanaan Qurban misalnya:

1. Pisau tidak tajam saat digunakan
2. Hewan belum mati sudah dipotong kaki/dikuliti
3. Butuh waktu lama untuk merubuhkan sapi
4. Hewan stress saat akan disembelih.

Untuk itu, JULEHA memandang bahwa para pelaksana kegiatan Qurban harus memiliki ketrampilan mengenai pengelolaan qurban terutama pada saat penyembelihan. 

Melihat pentingnya hal tersebut, JULEHA Kecamatan Limbangan menggagas sebuah Pelatihan Manajemen Qurban yang rencananya akan diselenggarakan di Masjid Baitut Taqwa, Desa Tamanrejo pada 11 Juni 2023 mendatang. Pelatihan tersebut akan diselenggarakan sebagai kerjasama antara Pemerintah Desa Tamanrejo, Takmir Masjid Baitut Taqwa, dan JULEHA.

Pada pertemuan koordinasi persiapan penyelenggaraan pelatihan manajemen qurban yang digelar di Balai Desa Tamanrejo pada Rabu, 10 Mei 2023, hadir Ketua JULEHA Kabupaten Kendal Lilik Kholidin bersama Sekretaris JULEHA Bayu, dan anggota JULEHA Kecamatan Limbangan; Eko Budi Santoso, Heri Alfaruk, Mustofa, dan Muh Makmun, yang nantinya akan menjadi panitia pelaksana Pelatihan Manajemen Qurban. 

Untuk mendapatkan kesempatan bagus mengikuti pelatihan manajemen qurban, calon peserta akan dikenakan kontribusi Rp200.000 per orang dan akan mendapatkan berbagai fasilitas antara lain: sertifikat, daging sembelihan, snack, coffee break, dan soft copy materi.

Sebagai narasumber pelatihan direncanakan dari MUI Kab. Kendal dan JULEHA DPW Jateng yang akan memberikan materi mengenai fikih qurban, manajemen qurban, serta praktek penyembelihan sapi dan kambing.

Ditargetkan pelatihan ini akan diikuti oleh setidaknya 200 orang. Yang menarik, di Pelatihan Manajemen Qurban ini, peserta selain mendapatkan ilmu, tambah teman, dapat sertifikat, bisa ngopi bareng, dan mendapatkan daging hasil sembelihan, jika beruntung bisa bawa pulang kambing karena untuk kegiatan ini, panitia menyediakan doorprize berupa 3 ekor kambing.

Kontributor:
Mustofa, Kepala Desa Tamanrejo


Dipost : 10 Mei 2023 | Dilihat : 322

Share :

s