Tamanrejo - Syawal Adalah Bulan Motivasi Kinerja

Syawal Adalah Bulan Motivasi Kinerja

Bulan Ramadhan telah kita tinggalkan, namun sprit Ramadhan hendaknya tidak pernah luntur.

Saat ini kita telah berada di bulan Syawal. Secara etimologi, arti kata syawal adalah peningkatan. Secara makna kata, syawal adalah peningkatan sehingga bulan Syawal kita artikan dengan bulan peningkatan, peningkatan ibadah, peningkatan kualitas dan peningkatan kinerja. Hal itu merupakan target ibadah puasa. Pasca-Ramadhan diharapkan orang-orang yang beriman meraih derajat ketakwaan, seorang Muslim yang terlahir kembali seperti kertas yang masih bersih, sehingga di bulan Syawal ini kualitas keimanannya mengalami peningkatan. Tidak hanya kualitas ibadah, tetapi juga kualitas pribadinya, yang selama di bulan Ramadhan dilatih secara lahir batin.

Apabila kita mengandaikan sebuah organisasi, maka bulan Ramadhan dapat dikatakan sebagai bulan pelatihan besar-besaran bagi para insan organisasi, dan Syawal adalah bulan peningkatan kinerja setelah mendapatkan pelatihan yang intensif. Pelatihan Ramadhan yang dimaksud adalah suatu ibadah yang berfungsi untuk memperbaiki dan mengembangkan iman, ibadah, dan akhlak orang-orang yang berpuasa agar sesuai dengan kehendak Allah.

Sama halnya dengan pelatihan organisasi, Ramadhan sebagai bulan puasa pun bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan performance keimanan seseorang naik ke level yang lebih tinggi.

Ramadhan adalah great training dan Syawal adalah continuous improvement. Syawal merupakan bulan awal motivasi kita untuk menjaga kebaikan bulan Ramadhan, sekaligus meningkatkan amal ibadah dan kinerja.

Berikut ini amalan-amalan yang perlu dilanggengkan di bulan Syawal:

Membaca Al-Quran

Tadarus atau membaca Al-Quran merupakan amalan yang sangat dianjurkan di bulan Syawal, karena di bulan ini umat muslim merayakan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Dengan membaca Al-Quran, kita dapat memperkuat iman dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Memperbanyak Sholat Sunnah

Selain sholat fardhu, memperbanyak sholat sunnah juga merupakan amalan yang dianjurkan di bulan Syawal. Kita dapat memperbanyak sholat sunnah seperti sholat Tahajud, sholat Dhuha, dan sholat Tarawih untuk mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Berinfak dan Bersedekah

Bulan Syawal juga merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan, oleh karena itu kita disunnahkan untuk berinfak dan bersedekah untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Infak dan sedekah yang kita berikan di bulan Syawal akan menjadi amal jariyah yang dapat terus mengalirkan pahala bagi kita.

Memperbanyak Dzikir dan Doa

Memperbanyak dzikir dan doa juga merupakan amalan yang dianjurkan di bulan Syawal. Kita dapat mengucapkan dzikir dan doa setiap saat, baik di pagi, siang, sore, atau malam hari. Dzikir dan doa dapat membantu kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperkuat iman kita.

Menjaga Silaturahmi

Menjaga silaturahmi juga merupakan amalan yang sangat penting di bulan Syawal. Kita dapat mempererat hubungan dengan saudara-saudara kita, baik yang dekat maupun yang jauh, dengan mengunjungi mereka, memberikan hadiah, atau mengirimkan ucapan selamat Idul Fitri.

Semoga amalan-amalan di bulan Syawal ini dapat membantu kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperkuat iman kita sebagai umat muslim, dan memotivasi kinerja kita untuk selalu lebih baik lagi di bulan-bulan mendatang.


Dipost : 23 April 2023 | Dilihat : 9242

Share :

s